health from inside and outside

9 Manfaat Madu

manfaat madu

Madu, berwarna keemasan zat yang dibuat oleh lebah dari nektar bunga. Lebah mengubah nektar menjadi madu dengan proses yang disebut regurgitasi, sekresi bahan melalui mulut, dan itu kemudian disimpan dalam sarang lilin di dalam sarang.

Madu sebagian besar terdiri dari gula dalam bentuk fruktosa dan glukosa, yang memberikan kemanisan. Seperti dengan semua pemanis nutritif, madu sebagian besar gula tetapi juga mengandung jejak vitamin, mineral, enzim, dan asam amino.

Madu telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pemanis dan penyedap dalam berbagai makanan dan minuman oleh banyak budaya di seluruh dunia. Ini adalah bahan utama dalam minuman beralkohol mead, yang juga dikenal sebagai bir madu atau anggur madu.

Selain menjadi agen pemanis alami, madu juga memiliki sejarah panjang penggunaan obat, mulai dari mengobati berbagai penyakit untuk perawatan kulit. Mari kita melihat beberapa manfaat madu bagi kesehatan tubuh manusia:
Sifat antibakteri
Madu memiliki efek antibakteri yang kuat yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dalam tubuh.
Aids di pencernaan
Sifat antibakteri dan antioksidan dalam madu membantu meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah diare. Menambahkan madu untuk produk buku harian seperti susu yoghurt dan asam dapat meningkatkan pencernaan dan buang air besar.

Obat jerawat
Karena anti-mikroba yang sifat, menerapkan madu pada jerawat akan berhenti bakteri menyebarkan dan mempromosikan kulit yang jelas dan tampak segar. Untuk hasil yang lebih baik, campuran madu dengan kayu manis bubuk dan menggunakan pasta pada jerawat sebelum tidur dan membersihkan keesokan harinya.

Hindari rambut rontok
Penggunaan madu untuk mengobati kerontokan rambut telah banyak dikenal selama berabad-abad. Sebuah studi 2001 yang dilakukan oleh Dubai khusus Medical Center menemukan, pasien dengan kerontokan rambut mengalami perbaikan kondisi setelah menggosok kulit kepala madu ke mereka dengan selama 2 sampai 3 menit sehari.
Campurkan satu sendok makan madu dengan satu sendok teh kayu manis dalam mangkuk. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala sebelum mandi rambut dan biarkan selama 15 menit dan bersihkan.

Perawatan gigi
Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, yang dikenal untuk membantu dengan sakit gigi. Untuk memulainya, cukup menggunakan pasta terbuat dari madu dan bubuk kayu manis pada gigi yang terkena. Berkumur dengan campuran satu sendok teh madu, kayu manis bubuk dan air panas juga dapat membantu menjaga napas Anda segar sepanjang hari.

Menyembuhkan pilek dan sakit tenggorokan
Madu telah digunakan selama berabad-abad sebagai pengobatan untuk batuk dan sakit tenggorokan. Ini telah terbukti sangat efektif. Bahkan, penyanyi opera Italia digunakan madu setiap kali mereka memiliki sakit tenggorokan sehingga mereka dapat bernyanyi dengan baik. Orang Cina percaya bahwa kelebihan “heatiness” dalam tubuh dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan minum madu dapat membantu dalam mengurangi itu. Ambil satu sendok teh madu untuk menenangkan peradangan atau berkumur dengan campuran dua sendok makan madu, empat sendok makan jus lemon dan sedikit garam.
Untuk pilek, minum segelas air hangat dicampur dengan satu sendok teh madu dan jeruk nipis dapat memberikan bantuan cepat untuk dingin.

Baik untuk penderita diabetes
Madu mengandung gula sederhana dan dikonversi langsung ke glikogen hati. Ini menghasilkan glukosa darah yang optimal dan respon insulin dalam tubuh. Dibandingkan dengan asupan pemanis lainnya, seperti gula halus, kadar insulin yang lebih rendah ketika mengambil madu. Itulah mengapa madu adalah pengganti gula yang baik untuk diabetes. Namun, tidak semua madu yang dijual di pasar madu murni 100%. Beberapa mungkin telah dicampur dengan air dan gula, sehingga Anda harus lebih berhati-hati ketika memilih madu untuk penderita diabetes.

Berat badan
Jika Anda mencari untuk menurunkan berat badan, madu dapat membantu bagi Anda. Meskipun tidak mengandung gula. Namun, tidak seperti gula halus, madu juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk metabolisme tubuh dan produksi energi.
Satu sendok makan madu mengandung sekitar 70 kalori, sementara jumlah yang sama gula mengandung 45 kalori. Meskipun madu memiliki lebih banyak kalori dari gula, madu jika dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam membakar lemak yang tersimpan dalam tubuh Anda. Campurkan madu dengan bubuk kayu manis juga dapat membantu dalam mengurangi berat badan.

Meningkatkan Energi
Manfaat lain madu kesehatan adalah kemampuan untuk memberikan dorongan energi segera.
Fruktosa dalam madu diserap lebih lambat oleh tubuh menyediakan energi berkelanjutan, sementara glukosa dalam madu mudah diserap oleh tubuh dan memberikan dorongan energi instan. Madu juga dapat membantu mendapatkan kembali stamina dan mencegah kelelahan selama latihan. Ini adalah mengapa madu adalah sumber energi untuk atlet dan orang-orang yang aktif dalam kegiatan fisik. Produk seperti susu madu dan bar energi dengan madu makanan sangat populer di kalangan atlet.

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari madu. Jadi mencakup beberapa madu lokal dalam diet Anda hari ini dan memulai hidup sehat dengan madu!

Source: 9 Health Benefits of Honey

berhenti merokok
Semua orang tahu, merokok buruk bagi kesehatan, karena dapat menimbulkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dll.

Merokok tidak hanya membahayakan bagi perokok itu sendiri, tetapi juga orang yang menghirup asap rokok atau disebut perokok pasif. Baik perokok aktif maupun pasif akan memiliki efek negatif yang sama dari asap rokok.

Karena berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan merokok, kebanyakan orang ingin untuk dapat berhenti merokok. Tapi karena kandungan nikotin pada rokok, hal itu sering lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Orang yang ingin berhenti merokok sering mengalami gejala penarikan (mental dan fisik), menyebabkan mereka sulit untuk tetap pada tujuan mereka untuk berhenti merokok sepenuhnya.

Bagaimana untuk Berhenti Merokok?
Berhenti merokok memang sulit tetapi jauh dari mustahil. Pada kenyataannya, banyak orang telah berhasil menghentikan kebiasaan tersebut, dan Anda benar-benar tidak memiliki alasan untuk tidak menjadi salah satu dari mereka. Berikut ada 9 tips yang dapat membantu Anda menghilangkan kebiasaan buruk tersebut:

Berpikiran Positif
Percayalah bahwa Anda akan mencapai hal ini. Bayangkan diri Anda sebagai seorang yang sehat dan bukan perokok.

Buatlah daftar alasan untuk berhenti
Hidup sehat, merasa senang, hemat uang, demi keluarga, dll. Simpan daftar ini di berbagai tempat untuk mengingatkan Anda akan manfaat dari berhenti merokok.

Merencanakan kedepan
Pikirkan situasi di mana Anda mungkin tergoda untuk merokok, seperti bar, kafe, atau restoran bahwa merokok. Cobalah untuk menghindari situasi ini atau cobalah duduk di bagian bukan perokok di restoran, meletakkan sesuatu di mulut anda seperti permen karet bebas gula, tusuk gigi, kayu manis, dll.

Jaga lingkungan Anda agar tetap bersih dari rokok
Hilangkan semua rokok, korek api, asbak dari lingkungan Anda. Pastikan gigi Anda bersih segera setelah Anda berhenti.

Cari seseorang yang ingin berhenti merokok
Cari perokok lain yang sedang mencoba untuk berhenti, dan saling membantu dengan kata-kata positif.

Dapatkan Dukungan
Tanyakan keluarga, teman, dan mitra untuk membantu Anda selama waktu ini. Hal ini terutama penting jika ada orang-orang adalah perokok. Meminta mereka tidak merokok di sekitar Anda.

Minum banyak air
Air baik untuk kesehatan, dan siapa saja bisa hidup tanpanya. Minum air dapat membantu membersihkan nikotin dan zat kimia lainnya dari tubuh Anda, juga dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok.

Olahraga
Olahraga adalah cara yang baik untuk menenangkan dorongan nikotin dan mencegah kenaikan berat badan. Mulailah berjalan kaki 3 atau 4 kali seminggu selama 30 sampai 40 menit. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan membantu tubuh Anda pulih dari kerusakan yang diakibatkan oleh rokok.

Hadiahi diri anda
Tentukan hadiah untuk rencana Anda. Hadiahi diri Anda sendiri setelah hari pertama, kedua, dan ketiga. Pilih hadiah yang paling Anda harapkan: buku, telepon, karaoke, perjalanan, makan malam di restoran favorit Anda, apa pun yang Anda mampu.
Jika Anda gagal, bangun dan coba lagi. Gagal sekali bukan berarti Anda tidak akan pernah bisa berhasil. Orang biasanya mencoba 2, 3 atau lebih sebelum akhirnya bisa berhenti. Belajar dari kesalahan Anda dan mulai lagi. Suatu hari Anda pasti akan dapat menghilangkan kebiasaan itu.

Source: 9 Tips Untuk Membantu Anda Berhenti Merokok

Penyebab Bau Badan

Penyebab Bau Badan

Bau badan atau Bromhidrosis mengacu pada bau yang tidak menyenangkan yang dipancarkan dari tubuh. Bau yang tidak enak tersebut berasal dari keberadaan bakteri pada kulit tubuh.

Ketika bakteri berpaparan dengan keringat, ia akan terurai menjadi asam lemak aromatik dan kimia yang menyebabkan bau badan yang tidak menyenangkan.

Beberapa area tubuh seperti ketiak, dan alat kelamin lebih mungkin terjadi bau badan karena daerah tersebut menghasilkan zat berminyak dan protein yang bakteri butuhkan. Sementara keringat ditemukan di wilayah lain dari tubuh seperti kaki, tangan rambut, dan telinga adalah air asin yang bakteri sulit berkembang biak

Ada banyak faktor yang menyebabkan bau badan. Ada yang dapat dikendalikan dan ada yang tidak. Antara lain:

Faktor keturunan
Alkohol
Stres
Kurang memperhatikan kebersihan
Merokok
Kekurangan vitamin dan mineral
Banyak melakukan olahraga berat
Adanya zat beracun dalam tubuh
Perubahan hormon seperti pubertas atau menopause
Rendahnya tingkat hormon terutama untuk laki-laki
Penyakit seperti infeksi jamur, penyakit hati, kadar gula darah rendah, demam
Tiroid terlalu aktif atau Hipertiroidisme
Penggunaan obat tertentu seperti acetaminophen, obat antipsikotik, aspirin, morphin, dan tiroksin.

Source: Penyebab Bau Badan

Bau badan

Bau badan adalah masalah umum di antara mereka yang menderita penyakit yang berkepanjangan di mana pasien baring di tempat tidur untuk waktu yang lama.

Demikian juga, jika pasien sedang dirawat konstan dan obat-obatan, menyebabkan mereka kekurangan mobilitas dan pembersihan tubuh alami dibatasi. Dengan demikian, menyebabkan bau badan.

Beberapa jenis makanan dan minuman seperti bawang putih, bawang merah, rempah-rempah, dan alkohol juga dapat menyebabkan bau yang tidak menyenangkan dari seorang yang mengkonsumsinya. Orang-orang yang dalam tahap perubahan hormonal seperti masa pubertas dan menopause atau memiliki masalah sembelit juga dapat memancarkan bau tak sedap dari tubuh mereka.

Meskipun demikian, ada beberapa cara alami yang dapat membantu Anda menghilangkan bau badan.

* Untuk mengobati bau badan, minum segelas air pada waktu perut kosong, bersama dengan rumput gandum 500 mg per hari. Klorofil dalam rumput gandum dapat membantu mengurangi bau badan.
* Gosokkan baking soda ke ketiak Anda serta kaki Anda dapat membantu membunuh bakteri yang merupakan penyebab utama bau tak sedap pada ketiak.
* Tuangkan beberapa tetes cuka putih pada bola kapas dan lumurkan pada ketiak juga merupakan cara terbaik untuk mengurangi bau badan.
* Saat mandi, taruh beberapa tetes air mawar di bak mandi, ini akan memberi Anda kesegaran dan berfungsi sebagai pengganti deodorant yang alami.
* Mandi minimal dua hingga tiga kali sehari, di musim panas, ketika seseorang cenderung banyak berkeringat.
* Selama musim panas, Anda dapat memberikan bedak ke ketiak Anda.
* Jus lobak adalah penghilang bau yang sangat baik. Parut lobak dan menekan potongan parut untuk mengekstrak jus. Menerapkan jus pada ketiak Anda. Hal ini dapat membantu mengurangi bau badan selama kurang lebih 10 jam.

Source: Cara Menghilangkan bau badan

Mengobati Infeksi Gusi
Salah satu infeksi gusi yang paling sering menyerang dikenal sebagai periodontitis.

Infeksi gusi bisa berakibat serius seperti menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Gejala infeksi gusi diantaranya adalah bengkak, gusi berdarah, radang pada gusi, dan gigi longgar.

Kebersihan mulut yang buruk dan merokok bisa meningkatkan risiko gingivitis yang berpotensi mengarah ke infeksi gusi.

Infeksi gusi harus ditangani dokter yang kompetan, namun terdapat pula cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati infeksi gusi.

Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Minyak cengkeh.

Minyak cengkeh memiliki sifat antibakteri sehingga efektif untuk mengobati penyakit gusi.

Minyak cengkeh juga memiliki efek anti-inflamasi dan akan membantu mengurangi rasa sakit.

Encerkan minyak cengkeh dengan minyak zaitun kemudian oleskan pada gusi menggunakan jari.

2. Jus stroberi dan lemon.

Sejumlah besar vitamin C terkandung dalam stroberi. Vitamin C dikenal ampuh mengobati infeksi.

Perasan lemon juga dikenal mampu membantu mengobati infeksi. Blender 3-4 stroberi kemudian campur dengan satu sendok makan perasan lemon.

Gunakan campuran stroberi dan perasan lemon untuk menyikat gusi. Gunakan sikat gigi yang lembut lantas bilas dengan air.

3. Yoghurt putih polos.

Yoghurt putih dapat membantu membunuh bakteri di mulut. Makanlah yoghurt putih dan gosokkan sedikit pada gusi.

4. Virgin coconut oil atau minyak vitamin E.

Virgin coconut oil dan minyak vitamin E ampuh membunuh bakteri dan umum digunakan untuk mengobati berbagai infeksi.

Gosokkan sedikit virgin coconut oil atau minyak vitamin E pada gusi.

5. Bawang putih.

Bawang putih dikenal memiliki efek antibiotik untuk melawan infeksi gusi.

Perbanyak konsumsi bawang putih atau suplemen bawang putih untuk membantu melawan infeksi gusi secara alami.[]


Source:
5 Bahan Alami untuk Mengobati Infeksi Gusi

turunkan berat badan

Siapa pun yang pernah mencoba menurunkan berat badan tahu hal ini membutuhkan banyak usaha dan dedikasi. Untungnya, ini lebih mudah dari yang Anda perkirakan. Intinya, jika Anda membakar kalori lebih dari yang Anda makan, Anda menurunkan berat badan.

Dengan memotong sekitar 500 kalori per hari Anda dapat meningkatkan upaya penurunan berat badan Anda dan mencapai tujuan penurunan berat badan Anda lebih cepat.

Karena 3.500 kalori setara dengan 1 pon lemak, Anda perlu membakar 3.500 kalori lebih dari yang Anda dapat untuk kehilangan satu pon. Jadi, jika Anda memotong 500 kalori dari diet Anda setiap hari, Anda akan kehilangan 1 pon per minggu (500 kalori x 7 hari = 3.500 kalori).

Membakar kalori bisa menjadi mudah. Ini hanya masalah melakukan perubahan sederhana pada gaya hidup anda sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membakar kalori dan mengurangi berat badan:

1. Minum Teh Hijau
Minum Teh hijau dapat membakar hingga 70 kalori karena the hijau dapat meningkatkan metabolisme.

2. Makan Buah Segar
Pilih buah segar daripada jus buah. Jus buah mengandung banyak gula sebagai pemanis. Sebuah jeruk berukuran sedang memiliki 60 kalori, sedangkan secangkir jus jeruk mengandung 120 kalori. Selain itu, buah segar lebih banyak serat, yang membantu memperlancar pencernaan.

3. Berhemat di Desserts
Pemotongan kalori tidak berarti mengatakan tidak untuk disert sama sekali. Anda tentu bisa menikmatinya tetapi dalam porsi yang sangat kecil.

4. Batasi konsumsi Alkohol
Kebanyakan minuman beralkohol tinggi kalori. Ini termasuk bir, anggur, dan koktail. Selain itu, kalori dari alkohol memiliki sedikit bahkan tidak memberikan manfaat gizi.

5. Pilih air daripada minuman soda
Mengganti soft drink dengan air dapat menghemat ratusan kalori per hari. Jika Anda tidak dapat menyerah pada minuman ringan maka cobalah beralih ke minuman diet lunak. Memilih air kelapa di atas jus buah juga dapat membantu karena air kelapa memiliki rendah kalori

6. Meningkatkan asupan Protein
Protein yang tinggi dapat membantu menjaga lemak pergi. Protein membutuhkan prosedur rumit untuk dikonversi menjadi energi dan tambah lagi mereka bisa membuat Anda merasa kenyang.

7. Gunakan sedikit Lemak dalam memasak
Daripada menyiram makanan Anda dengan minyak, coba gunakan satu sendok makan minyak pada setelan panas yang lebih rendah. Oleskan mentega pada roti Anda dan hindari memasukkannya ke dalam makanan Anda.

8. Makan lebih banyak Sayuran
Sayuran seperti brokoli, wortel kaya serat, yang tidak hanya baik untuk sistem pencernaan Anda, tetapi juga baik untuk memberikan perut Anda rasa kenyang sehingga Anda makan lebih sedikit.

9. Kurangi porsi makan
Anda tidak harus makan besar 3 kali sehari. Sebaliknya, Anda dapat mengurangi ukuran porsi dan memiliki 4-5 makan kecil sehari. Hal ini menjaga metabolisme Anda tetap sibuk sepanjang hari.

10. Gunakan piring kecil
Semakin besar piring yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda makan lebih banyak. Jadi, beralih ke yang lebih kecil. Lebih mudah untuk menahan godaan untuk mengisi piring jika piring tidak cukup besar untuk menampung gundukan makanan.

11. Hindari makanan yang mengandung zat tepung
makanan bertepung seperti kentang yang cenderung memiliki banyak kalori sehingga yang terbaik adalah menghindari atau menggantinya dengan kacang polong dan kacang-kacangan lainnya seperti buncis dan kacang merah yang kaya serat dan vitamin.

12. Pilih gandum utuh
Jika memungkinkan, makan roti gandum, pasta gandum utuh, dll bukan gandum putih. gandum utuh memberi Anda kalori lebih sedikit dan lebih banyak nutrisi. Mereka juga kaya serat dan zat besi.

13. Makan di Rumah
Restoran dan tempat-tempat makanan cepat saji membuat usaha mereka untuk membuat Anda makan lebih dari yang Anda benar-benar membutuhkan. Kami hampir selalu mendapatkan terlalu banyak kalori ketika kita pergi makan. Ketika Anda makan di rumah Anda dapat mengendalikan bagaimana mempersiapkan dan ukuran porsi.

14. Ketika Makan diluar, pesan dengan cerdas
Ketika makan di restoran, pesan salad tapi tanpa mayonnaise. Saat memesan pizza, pilih dasar kerak tipis dengan kurang dari sayuran lemak dan banyak lagi.

15. Baca Label Makanan
Pastikan untuk memeriksa panel Nutrisi dan jumlah kalori per porsi. Jangan hanya memeriksa jumlah per 100g tetapi jumlah seluruh paket berisi dan berpikir tentang berapa banyak Anda biasanya makan.

Source: 15 Cara Mudah Membakar Kalori dan Turunkan Berat Badan

Perawatan gigi

Warna gigi sebenarnya adalah putih, tetapi dengan begitu banyak zat makanan yang melewati gigi dan juga oleh faktor usia, sehingga warna gigi tidak dapat bertahan putih selamanya.

Jika Anda punya masalah dengan penampilan gigi Anda, jangan khawatir karena sekarang ada banyak cara untuk mengatasinya.

Berikut adalah 6 Tips untuk menjaga gigi Anda tetap putih dan sehat:

Cara mudah dan sederhana untuk menjaga gigi putih adalah menggosok gigi tiga kali sehari setelah makan. Tapi hati-hati dalam menyikat gigi. Jangan terlalu keras karena dapat membuat gigi abrasi dan rusak. Untuk hasil yang lebih baik gunakan sikat gigi elektrik dan atur waktu menyikat gigi selama dua menit.

Strawberry adalah buah pemutih gigi yang sangat spesial. Sangat mudah, hanya mengenyahkan stroberi dan menempelkannya pada semua gigi anda dengan menggunakan jari. Biarkan selama satu sampai dua menit. Setelah itu, sikat gigi secara menyeluruh sampai bersih.

Jaga gigi anda sebelum rusak. Gunakan sedotan jika anda minum kopi, teh, dan soda. Dengan demikian, minuman tidak menyentuh gigi secara langsung. Minuman tersebut biasanya menyebabkan gigi rusak.

Cara tercepat dan termudah adalah dengan pemutihan. Jenis perawatan gigi ini banyak tersedia di klinik gigi dan klinik kecantikan. Perawatan semacam ini bisa bertahan selama dua sampai tiga tahun. Tapi tetap, setelah pemutihan, anda harus menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi.
Beberapa zat mungkin menempel di gigi anda dengan mudah. Oleh karena itu Anda harus mencegah terbentuknya noda gigi atau plak.
Gunakan brokoli, daun selada atau bayam untuk mencegahnya. Sayuran tersebut terbukti sangat efektif untuk menjaga gigi dari noda.

Perbanyak konsumsi makanan yang berfungsi sebagai pemutih gigi alami. Untuk contoh-contoh buah dan sayuran. Bahan-bahan alami yang cukup efektif untuk membersihkan gigi termasuk, apel, wortel dan seledri.

Source: 6 Tips Untuk Membuat Gigi Anda Lebih Putih dan Sehat